Gambar: IMG 0457

  • Bagikan

Kab. Katingan (10/4/23) - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP KOMINFO) Banjarmasin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Katingan dan Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kab. Katingan selenggarakan kegiatan Government Transformation Academy (GTA).

Berlokasi di Aula Bappedalitbang, kegiatan GTA kali ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Katingan, Bapak Pransang mewakili Bupati Kab. Katingan. Pada sambutannya beliau menyampaikan harapannya agar semua peserta bisa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik agar dapat meningkatkan kompetensi ASN dalam bidang komunikasi dan informatika dalam upaya percepatan transformasi digital di tingkat Pemerintah Daerah Kab.Katingan serta untuk mencapai tujuan mewujudkan pilar masyarakat cerdas dalam rangka menuju Smart City.

Pembukaan kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Bapak Wim, Plt Kepala BPSDMP KOMINFO Banjarmasin, Bapak Syarifuddin, para Kepala OPD atau yang mewakili serta hadir secara daring melalui Zoom, Plt.Kepala Pusdiklat Kementerian Kominfo, Bapak Baso Soleh mewakili Kepala Badan Litbang Kementerian Kominfo.


Kegiatan GTA kali ini mengangkat dua skema pelatihan yaitu Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD) dan Manajemen Risiko SPBE (MR SPBE) dengan total 84 peserta. Kelas FPD dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing 26 peserta bertempat di Aula Bappedalitbang dan di Ruang Rapat Kepala Bappedalitbang, kelas FPD ini akan berlangsung selama empat hari yaitu Senin - Kamis, 10 - 13 April 2023. Sedangkan untuk kelas MR SPBE pesertanya berjumlah 32 orang, bertempat di Media Center Diskominfo, pelatihan skema MR SPBE akan berlangsung selama tiga hari, satu hari lebih singkat dibanding kelas FPD.

Bapak Wim, selaku Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian dalam laporan kegiatan yang beliau sampaikan mengatakan bahwa kegiatan GTA kali ini berdasar pada Peraturan Daerah Kab. Katingan nomor 7 tahun 2022 tentang APBD Tahun 2023 dan Nota kesepakatan antara Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo tahun 2022 tentang Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika di Kab. Katingan. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan bersama Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kab. Katingan dalam mewujudkan salah satu pilar dalam Smart City yaitu Smart People dan mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE yang berkualitas melalui peningkatan kompetensi digital para ASN.

Meskipun kegiatan GTA kali ini berlangsung di bulan Ramadhan, namun hal ini sama sekali tidak menyurutkan antusiasme para peserta dalam mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan ini. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pelatihan GTA dapat tercapai tujuan kegiatan ini yaitu pertama terlaksananya pelatihan FPD bagi guru SD, SMP, dan SMA/SMK di lingkup Kab. Katingan guna meningkatkan keterampilan dalam menggunakan aplikasi untuk pengelolaan kelas online dan mengelola aktivitas pembelajaran yang interaktif dan yang kedua terlaksana pelatihan MR SPBE bagi ASN pada masing-masing perangkat daerah lingkup Kab. Katingan guna memberikan kemampuan bagi ASN dalam peningkatan pemahaman tentang pendekatan sistematis yg meliputi proses pengukuran struktur dan budaya untuk menentukan tindakan terbaik terkait risiko SPBE.


Informasi lebih lanjut tentang Government Transformation Academy (GTA) dapat diakses melalui : Digitalent GTA


Label
bpsdmp banjarmasin, digitalent, gta, katingan, smart city