Gambar: Pembukaan DEA PDD Banjarmasin

  • Bagikan

Digital Marketing merupakan pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan teknologi informasi digital seperti menggunakan media elektronik ataupun media yang berbasis internet. Saat ini, digital marketing menjadi salah satu strategi yang sedang popular dan diminati karena dinilai sebagai strategi pemasaran paling efektif saat ini.

Meskipun telah menjadi tren pemasaran saat ini, nyatanya tidak semua orang bisa memanfaatkan digital marketing yang efektif sehingga bisa menjangkau target konsumen yang diinginkan. Hal itu dilatarbelakangi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah sulitnya pelaku usaha memahami teknologi, hal ini menjadi hambatan pelaku usaha mikro di Kota Banjarmasin untuk merambah pasar yang lebih luas. Berdasarkan permasalahan tersebut BPSDMP KOMINFO Banjarmasin berkolaborasi dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin menyelenggarakan Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dengan tema "Pemasaran Digital Dasar". Pelatihan ini berfokus pada pemasaran digital atas produk usaha yang dimiliki oleh pelaku usaha yang sebelumnya pernah mengikuti pelatihan Kewirausahaan Digital Dasar.

Pelatihan ini, kedepannya akan terus dilaksanakan di tahun 2024 dengan bekerja sama dengan stakeholders di wilayah kerja BPSDMP Kominfo Banjarmasin, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah. Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Syarifuddin, S.Sos., M.A., dalam acara pembukaan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy pada Selasa, 14 November 2023, di Hotel Banjarmasin Internasional.

Sejalan dalam hal tersebut, Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Mikro & Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Rosehan Fahlifi, SKM., menyampaikan tingkat pengangguran yang tinggi di Kota Banjarmasin. “Dengan angka 6,90%, dari 100 orang masih ada 6-7 orang yang menganggur, untuk itu pelaku usaha di Kota Banjarmasin diharapkan dapat berpartisipasi dalam penggerakan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja. Melalui Pelatihan Pemasaran Digital ini, para peserta dapat meningkatkan sistem penjualan yang dulu masih "door to door" menjadi dapat dilihat di media sosial.” ujarnya.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini dari 14 – 15 November 2023 ini diikuti oleh 100 orang pelaku usaha di Kota Banjarmasin, dengan materi yang sudah disusun untuk Digipreneurs Kota Banjarmasin berupa paparan materi, tanya jawab, diskusi, praktek, dan pendampingan selama 2 minggu.

Dibagi dalam 2 kelas dengan masing-masing 50 peserta yang diampu oleh 2 orang trainer dan 2 orang asisten trainer dari Kementerian Kominfo. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang usaha dan juga ada yang baru merintis usaha 2 hari pelatihan ini bersemangat untuk belajar bersama ilmu pemasaran dasar digital.


Label
dea, banjarmasin, bpsdmp kominfo banjarmasin, wirausaha, pemasaran digital