Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP) kembali melakukan pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2024 atas layanan yang diberikan kepada publik. Layanan yang kembali menjadi fokus pengukuran tahun ini adalah Layanan Digital Talent Scholarship yang diberikan oleh Puslitbang Aptika dan IKP, seperti Layanan Konten Informasi, Helpdesk, Website dan Mobile Apps DTS, serta Learning Management System (LMS). Hasil pengukuran tahun 2024 menunjukkan nilai kepuasaan masyarakat yang diperoleh mencapai nilai 84,6 masuk dalam kategori Baik, atau sebesar nilai indeks 3,4.
Dari 9 (sembilan) unsur kepuasan masyarakat yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017, unsur Biaya mendapatkan nilai kepuasaan yang paling tinggi dengan nilai 3,7 diikuti dengan unsur penanganan pengaduan dengan nilai indeks 3,6. Nilai ini memperlihatkan kenaikan dari nilai indeks kepuasan tahun sebelumnya.
Jika dilihat berdasarkan jenis layanan, Konten Informasi mendapatkan nilai SKM paling tinggi yaitu 85,9 diikuti dengan Learning Management System dengan nilai 84,2.
Hasil selengkapnya dapat dilihat pada Laporan Survey Kepuasan Masyarakat di link.
Sisipan