Solo, 28 Agustus 2024 - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Thematic Academy Digital Talent Scholarship bekerja sama dengan Binus University menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) untuk pemasaran digital di sektor pariwisata. Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan para pelaku industri pariwisata dalam menghadapi tantangan era digital, terutama dalam memanfaatkan AI untuk strategi pemasaran yang lebih efektif.
Dalam sambutannya, Ketua Tim Thematic Academy, Awangga Febian, menyampaikan pentingnya penerapan AI dalam strategi pemasaran. “Pariwisata merupakan sektor yang memiliki potensi besar, dan pemanfaatan teknologi, khususnya AI, dapat menjadi katalisator dalam mengembangkan pemasaran yang lebih terarah dan personal bagi wisatawan. Kami berharap pelatihan ini dapat membuka wawasan baru bagi para pelaku industri pariwisata,” ujar Awangga.
Sementara itu, Kuncoro Marhendro Suryo, selaku Kepala Sub. Bagian Umum Monumen Pers Nasional Surakarta menyampaikan apresiasinya kepada Tim Thematic Academy Digitalent Kominfo yang telah menggunakan tempat di Monumen Pers Nasional Surakarta sebagai tempat pelatihan pemanfaatan (AI) untuk pemasaran digital di sektor pariwisata. Diharapkan setelah pelatihan ini, Monumen Pers Nasional juga bisa digunakan untuk pelatihan-pelatihan dari Digitalent Kominfo lainnya dan juga bisa mempromosikan tentang Monumen Pers Nasional Surakarta.
Pelatihan ini diadakan selama dua hari pada tanggal 28-29 Agustus 2024 di Monumen Pers Nasional Surakarta. Jumlah peserta sebanyak 54 orang. Pengajar yang mengajarkan pelatihan ini berasal dari Binus University.