Gambar: Pelatihan Thematic Academy (TA) di SMKN 7 Kab. Tangerang

  • Bagikan

Jakarta 03/06/2024 - Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Jakarta sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas untuk melaksanakan pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan bidang komunikasi dan informatika di wilayah kerja BPSDMP Kominfo Jakarta, dimana salah satunya adalah menyelenggarakan pelatihan dalam lingkup program Digital Talent Scholarship (DTS) kepada masyarakat luas dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan pelatihan serta mendukung dan berperan aktif dalam pemberantasan korupsi, maka BPSDMP Kominfo Jakarta melakukan Survei Kepuasan Masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan BPSDMP Kominfo Jakarta. Hasil survei ini digunakan sebagai bahan kajian dan peningkatan kualitas pelayanan serta mewujudkan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yang sejalan juga dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan 1 diperoleh dari proses pengumpulan data melalui survei menggunakan kuesioner online periode Januari – Maret 2024 yang berisi 9 (sembilan) unsur pelayanan publik yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017.

Dari pengumpulan data diperoleh 967 jumlah sampel, profil responden dan hasil penilaian kepuasan masyarakat dari pelayanan publik yang diberikan oleh BPSDMP Kominfo Jakarta pada saat melaksanakan berbagai jenis pelatihan program Digital Talent Scholarship (DTS). Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan 1 adalah sebagai berikut:

Berdasarkan hasil data survei diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) BPSDMP Kominfo Jakarta Triwulan-I sebesar 3,42 (Skala 1-4) atau 85,56 (Skala 1-100). Berdasarkan pedoman survei kepuasan masyarakat, nilai tersebut dalam kategori “BAIK” dengan mutu pelayanan “B”. Nilai rata-rata per unsur pelayanan berada pada kisaran nilai 3.23 hingga 3.94. Dalam survei ini terdapat 2 (dua) unsur pelayanan yang mendapatkan kategori “SANGAT BAIK” yaitu pada aspek Biaya dan Perilaku Pelaksana dengan nilai masing-masing 3,94 dan 3,54 (skala 4). Adapun aspek lainnya mendapat predikat BAIK. Penilaian dari Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan hasil survei disajikan pada tabel berikut ini.

No Unsur Pelayanan Rata-Rata Konversi IKM Mutu Pelayanan
1 Persyaratan Pelayanan 3,3 82,42 B (Baik)
2 Prosedur Pelayanan 3,23 80,87 B (Baik)
3 Waktu Pelayanan 3,25 81,33 B (Baik)
4 Biaya 3,94 98,58 A (Sangat Baik)
5 Produk Spesifikasi Pelayanan 3,37 84,28 B (Baik)
6 Kompetensi Pelaksana 3,52 88,00 B (Baik)
7 Perilaku Pelaksana 3,54 88,47 A (Sangat Baik)
8 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 3,33 83,17 B (Baik)
9 Sarana dan Prasaran 3,32 82,96 B (Baik)
Rata-rata IKM Konversi IKM Mutu Pelayanan
3,42 85,56 B (Baik)

Demikian pula pada aspek penilaian tambahan juga terdapat unsur pelayanan dengan kategori SANGAT BAIK yaitu Kemampuan Pengajar/Instruktur dengan nilai 3,58 (skala 4). Dari seluruh aspek penilaian, 3 (tiga) unsur layanan yang mendapatkan nilai terendah meskipun masih dalam kategori BAIK, yaitu Kemudahan mendapatkan informasi, Prosedur Pelayanan, dan Waktu Pelayanan. Adapun penilaian pada aspek tambahan kepuasan masyarakat secara lengkap ditunjukkan pada tabel berikut:

No Unsur Pelayanan Tambahan Rata-Rata Konversi IKM Mutu Pelayanan
1 Kemudahan mendapatkan informasi 3,21 80,14 B (Baik)
2 Kemampuan pengajar/instruktur 3,58 89,58 A (sangat Baik)
3 Kesesuaian tema pelatihan terhadap kebutuhan 3,33 83,25 B (Baik)
4 Kepuasan secara umum 3,42 85,39 B (Baik)

Berdasarkan pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Periode Triwulan-1 diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan publik BPSDMP Kominfo Jakarta Triwulan-I adalah 3.42 dalam skala 1 - 4 atau 85,56 dalam skala 25 - 100. Secara keseluruhan nilai indeks ini menunjukkan menunjukkan bahwa mutu pelayanan pada layanan publik BPSDMP Kominfo Jakarta tergolong kategori “BAIK” atau B.
  2. Terdapat unsur layanan yang menonjol dan tergolong SANGAT BAIK yaitu pada unsur Biaya dan Perilaku Pelaksana. Sedangkan pada aspek penilaian tambahan, aspek Kemampuan Pengajar/Instruktur juga mendapatkan kategori SANGAT BAIK. Adapun aspek lainnya masuk dalam kategori BAIK.
  3. Unsur pelayanan yang berada di 3 (tiga) penilaian terendah adalah Kemudahan mendapatkan informasi, Prosedur Pelayanan, dan Waktu Pelayanan.

Label
survei, hasil, skm