Gambar: RAPIM

  • Bagikan

Berita :

(06/05/21) Kabadan Litbang mengikuti Rapat internal Balitbang SDM Kominfo dengan pembahasan “Forum Penelitian”, Tema yang diangkat yakni “Penyusunan Peta Jalan dan talenta digital 2021-2024” dan “Tingkat kematangan implentasi Smart City Kota Cirebon (BPSDMP Bandung)”, Kegiatan diselenggarakan oleh Kepegawaian Litbang SDM dan dilaksanakan secara online dengan total 85 orang peserta, peserta yang hadir dikegiatan ini yakni seluruh jajaran pejabat Balitbang SDM Kominfo.

Pada Rapim ini Kabadan menyampaikan masukan dan strategi berupa Masukan untuk penyusunan Roadmap Talenta Digital dan Kajian SmartCity kota Cirebon

  • Tujuan dari Roadmap ini yakni untuk memperkuat kepentingan Kominfo agar sesuai dengan kebutuhan yang dituju dan sebagai landasan ketika bekerjasama dengan Vendor.
  • Presentasi Peta okupasi

Masukan :

  1. Masukan Kabadan perlu membreakdown kebutuhan talenta digital untuk 9 juta untuk tahun 2021 sd 2024 dengan pertahun 600 ribu berbasis profesi
  2. Perlu breakdown kebutuhan talenta digital berdasarkan industri dan Lembaga,industri dibagi berdasarkan program hlirisasi ekonomi digital dari menko perekonomian,kemudian di plot ke 200 ribu pelatihan talenta digital dari 2021 sd 2024. Dibagi dalam segmen masyarakat pimpinan (digital Leadership),Profesional ,masyarakat dan mahasiswa ,SMK/SMA
  3. Breakdown kebutuhan talenta digital perprovinsi atau kabupatan / kota diturunkan dari data peserta DTS dari 2018 sd 2021 dengan tema dengan peminat terbanyak
  4. Hasil roadmap segera difinalkan sebagai inisiasi untuk Menyusun indikator Talenta Digital 2021 sd 2024 membahasa literasi dan talenta digital ASN,Pro,Masyarakt dan Pendidikan formal (SMK,D3,D3,S1,S2,S3) yang dihubungkan dengan ekonomi digital

Strategi Pelaksanaan semester 2 :

  1. Penyusunan indikator SDM Talenta Digital Indonesia tahun 2022 yang akan menajdi referensi pembangunan SDM Digital nasional yang dilakukan oleh berbagai kementerian dan perguruan tinggi dengan mengambil bahan awal dari road map yang sudah disusun
  2. Tim penyusun dari berbagai unit yang akan menjadi staf di pusat ekosistem SDM Digital setelah regoranisasi
  3. Salah satu output dari indikator ada pencapaian paramida SDM digital urutan :

A. lulusan STMM dan pelatihan digital leadership

B. Pelatihan talenta digital 200 orang

C. Literasi digital masyarakat

4. Untuk literasi digital :

A. Perkiraan jumlah masyarakat yang diliterasi

B. Jenis segmen masyarakat yang harus diliterasi

C. Ruang lingkup atau tema yang dibutuhkan di literasi

5. Strategi pelaksaan dengan mengkahi hasil survey yang telah dilakukan dan mengadakan berbagai FGD dan seminar secara online dengan naras umber ahli yang antara lain :

A. mendifinisikan secara jelas katas SDM talenta digital dan ca membuminkan kedepan

B. memperbaiki dan mengupdate peta okupasi dan cara untuk menjadikan sebagai referensi secara nasional

C. Kebutuhan profesi dari pelaku industry dalam ekonomi digital dan Lembaga pamerintahan

D. strategi pelaksaan pelatihan DTS berbasis kota/kabupatan dan kebutuhan tema tema agar program hilirisasi ekonomi digital di daerah.

Sebagai penutup kesimpulan dari kegiatan ini

Peta Jalan

  • Indonesia berada ditahapan awal era transformasi,blue color ke white blue belum terjadi secara keseluruhan
  • Defesit tenaga digital ,demand > suplly,baik secara kuantitas maupun kualitas
  • Program pengembangan keterampilan dan talenta digital Indonesia berada pada tingkatan hamper sama dengan Filipina,Malaysia dan Thailand.

Smartcity

  • Tingkat kematangan smartcity kualitas dan kantitas memadai smartcity
  • Secara umum ada 5 dimensi
  • Untuk perhitungan smartcity indeksnya dalam proses (bersifat sementara)